Aktivitas pembelajaran 1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun

Gerakan mengayun, pola, dan pengembangannya sama dengan pola goyangan. Supaya lebih memberi kejelasan, yang akan dipilih dalam gerakan ayunan ini adalah gerakan ayunan keseluruhan. Artinya tidak hanya menggerakkan salah satu bagian badan saja, melainkan seluruh tubuh. 

Sebagai gambaran awal, gerakan ayunan ini akan divariasikan dengan tiga teknik pengayaan yang sudah dikenal, yaitu: gerakan terpisah, perubahan ukuran, dan perubahan tingkatan. Gerakan terpisah dalam ayunan adalah gerakan ayunan satu lengan depan belakang (bukan putaran) ganti lengan yang lain ayun kedua-duanya. Ayunkan tanganmu (dari siku ke bawah) ganti tangan yang lain ayun keduanya bersamaan. Berikut ayunkan kepalamu depan belakang dan lalu ke samping. Perubahan ukuran dalam ayunan dimana anak-anak akan bermain-main dengan ayunan yang melibatkan seluruh tubuhnya, tidak terbatas pada salah satu anggota tubuh saja. Perubahan ukuran yang terjadi di sini disebabkan oleh variasi yang dibuat sehingga ada yang menyebabkan sebagian besar terlibat, ada yang tidak. Perubahan tingkat dalam ayunan mengembara dalam berbagai tingkatan bisa juga menawarkan kekayaan gerak. Untuk bagian ini, mintalah peserta didik mencari gerakan ayunan yang mungkin untuk dilakukan dalam berbagai tingkat posisi tubuh. 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun antara lain sebagai berikut:
  1. Aktivitas pembelajaran mengayunkan lengan di depan dada. Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan peserta didik berdiri tegak, kedua tangan dijulurkan ke depan.
(b) Pandangan lurus ke depan.
(c) Kemudian putar ujung kedua lengan mengikuti arah jarum jam.
(d) Lalu putar kedua ujung lengan ke arah sebaliknya.
(e) Peserta didik diminta melakukan gerakan ini sebanyak 2 × 8 hitungan.


(2) Aktivitas pembelajaran mengayunkan lengan di samping badan. Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan peserta didik berdiri tegak.
(b) Kemudian rentangkan kedua lengan lurus di samping kiri dan sejajar bahu.
(c) Selanjutnya kembali putar kedua lengan ke arah depan.
(d) Lalu putar kedua lengan ke arah samping kanan.
(e) Kemudian kembali putar kedua lengan ke arah depan.
(f) Peserta didik diminta melakukan gerakan ini sebanyak 2 × 8 hitungan.


(3) Aktivitas pembelajaran mengayunkan lengan ke atas. Cara melakukannya:
(a) Sikap permulaan peserta didik berdiri tegak.
(b) Ayunkan lengan kanan ke atas kepala dan lengan kiri di belakang pinggang dengan siku ditekuk.
(c) Pandangan mata ke arah depan.
(d) Kemudian lengan kiri ke atas kepala dan lengan kanan di belakang pinggang dengan siku ditekuk.
(e) Selanjutnya langkahkan kaki kiri ke samping kiri.
(f) Lalu liukkan badan ke arah kiri dengan mengayunkan kedua lengan ke atas.
(g) Lakukanlah ini bergantian ke kiri dan ke kanan.
(h) Peserta didik diminta melakukan gerakan ini sebanyak 2 × 8 hitungan.




Komentar

Star